28 Juni 2013

Atasi Lag PES 2013 di ASUS X401U

Update!
Kemaren-kemaren gue udah update ke windows 8 dan hasilnya PES gak ngelag :D
silahkan coba sendiri ..

NB : Virtual Memory gue sekitar 700 mb

sesuai dengan saran komentar Anonim yang katanya mulus di setting medium s/d high, malah di gue lag abis :D (baru update, kmaren abis UTS -_- )
kalau mau nyoba silahkan, masalahnya spek gue yang C60 (Jangan berharap banyak dengan C60) :D
liat spek yg baru X401U itu procnya lebih gede daripada C60 -_-
========================================================================
Posting ke dua di saat liburan nih :D
Karena bosen gw iseng-iseng install PES yang udah lama gak di pake, cz ngelag abis sih -_-
liat aja spec nya :P



Akhirnya gue searching dari beberapa situs, tapi tetep aja, malahan ada yang ngebikin tambah ngelag :D
Karena tetep penasaran gw utak-atik deh, and finally the lag is gone :D
=========================================================================

Ok, pertama-tama kita siapkan
1. PES 2013 :D
2. Kitserver (Disini gw pake kitserver ver 1 :D)
3. Razer Game Booster / Game Booster lama
4. AdvanceSystem Care (Disini gw pake ver 6 pro :D)

Kalau sudah siap langsung ikuti langkah ini, bagi yang pakai kuota siap-siap abis tu kuota :D #peace #justkidding
=========================================================================
1. Buka directory PES 2013, klik kanan shortcut PES, Properties, Open File Location, kemudian langsung kebuka deh itu directory :P

2. Buka Kitserver, lalu pilih config dan klik kanan file tsb dan pilih run as administrator, kalau gak ngerti keterlaluan :P

3. Sesuaikan dengan pilihan yang gw kasih tanda panah dibawah :P



4. Sekarang ganti ke tab LOD Configturation => Sesuaikan dengan gambar di bawah :P Klik OK


5. kita balik lagi ke directory kitserver, sekarang buka "manager.exe" (tanpa tanda kutip ye :P) run as administrator, lalu pilih pes2013.exe, dan klik attach, kalau gak ngerti liat gambar aja :D










6. Sekarang kita harus back ke directory dimana pes2013.exe berada :D, pilih setting dan sesuaikan dengan gambar di bawah


terus di file pes2013.exe klik kanan, properties, pilih tab compatibility, sesuaikan dengan gambar di bawah, setelahnya klik OK


note : gw saranin di pilihan Run this program in compatibility mode for : , kalian bisa pilih windows xp saja, cz menurut logika gw spec buat win. xp tu kadang2 < spec buat win.vista/7 :D CMIIW
terus yang Run in 640 x 480 screen resolution bisa di lewat alias gak di pilih :D

7. Sekarang giliran ke Razer Game Booster :D, buka tu aplikasi, pilih Boost seting, dan sesuaikan dengan kebutuhan (karena tiap yang make beda aplikasi sama servicenya dong :D) klik apply, kalau gak ngerti liat gambar :D


8. Terus pilih tab Tool, pilih Defrag, dan pilih Pro Evolution Soccer 2013, pilih defrag, tungguin deh (gak lama kok :D), pilih OK, kalau gak ngerti liat gambar :P




9. Sekarang balik lagi ke tab Launcher, Klik gaming mode, tungguin beberapa saat.
note : Langkah ini bisa dilewat :P

10. Sekarang buka AdvanceSystem Care 6 :D, pas di tab Care kita pilih select all dan klik scan, tungguin, agak lama sih :D, kalau dah selesai klik repair.
note : langkah ini bisa dilewat kalau sebelumnya udah pernah di scan :P

11. Pilih tab Turbo Boost, pilih Configure, lalu ikutin gambar dibawah,







note : kalau bisa aturin sesuai kebutuhan

12. Kalau udah pasti langsung aktif tu turbo :D, pilih tab Toolbox, pilih Smart RAM, dan pilih Go => Deep Clean. udah itu tekan Ctrl + Shift + Esc buat buka Task Manager dan pilih tab Process kill semua task yang memberatkan CPU (kaya AutoUpdate.exe, di gw sih ada dua -_-)

13. Close semua yang berbau AdvanceSystem Care (Dari tadikan blom gue sebutin close :P)

14. Buka PES 2013, dan mainkan :D saat kick-off tunggu semua pemain sampai berhenti bergerak (sesuaikan sama keadaan aje ye :P)
note : jika langkah 9 di lewat pas mau buka PES, klik kanan file tsb dan pilih Run with Razer Game Booster, selesai deh masalahnya :P.
=========================================================================
Ok, sampe sekarang sih gak ada masalah, cuma pas nunggu di kick-offnya itu lho, bikin kesel, cz kalo aja lupa gak nunggu bisa lag abis tu game -_-

NOTE! Gw gak bertanggung jawab kalau ada kerusakan karena langkah ini, cz udah gw sebutin diatas, smpe sekrang ini Asus X401U gw masih tetep working kok :P
DWYOR :P

5 komentar:

  1. wihh....makasih gan. top cer deh. stiap langkah2 nya ane ikutin. dan sakrang NO lag lagi game PES 2013 ane. makasih udah share. ..
    saran dari ane jangan bosen-bosen nulis blog kya gini lgi, hehe

    BalasHapus
  2. hhe ..
    makasih gan .. :D

    BalasHapus
  3. wa haa ha, ane kagak ngerti kit server gan, ane pake x 401, win 7. Pes 13 ane setting low, macet2. Pas ane set compability ke xp sp3 langsung lancar jaya n bisa di set ampe high. AMD catalyst qualitynya semua ane set di yg paling optimal, triple buffering kagak masalah. Ternyata cuma masalah sepele : COMPABILITY doang!!!

    BalasHapus
  4. Maap gan, tambahan; kalo compability ud di set xp sp3 justru macet2 kalo di set di low. malah ga bisa di set low gan, harus ke medium atau high baru lancar.

    BalasHapus
  5. @Anonim, hhe, nnti ane cobain deh di notebook ane set smpe high :D nnti ane update juga gan artikelnya :D

    BalasHapus